Selamat datang di www.IDIDENPASAR.or.id
ingin berkontribusi artikel kedokteran? klik disini
ingin memberikan saran dan kritik? klik disini
Ingin mencari tenaga dokter? klik disini


Selasa, 13 Agustus 2002

IDI Bali sepakat menolak SIMO

Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali sepakat menolak rencana pemberlakuan surat izin menyimpan obat (SIMO) oleh Balai Pengawas Makanan dan Obat (POM) Denpasar. Mereka mengancam akan mogok praktik bila ketentuan tersebut tetap diberlakukan. Demikian ditegaskan Ketua IDI Bali Agus Bagiada seusai pertemuan pengurus IDI se-kabupaten Denpasar yang membahas rencana pemberlakuan SIMO oleh Balai POM, baru-baru ini.

Menurut Agus, pihaknya menolak rencana tersebut karena dinilai akan memberatkan masayarakat. Sebab, selama ini sebagian besar dokter yang membuka praktik di Bali memberikan obat secara langsung kepada pasien. Namun bila mesti mengikuti peraturan SIMO, masyarakat akan dirugikan karena harus menebus obat dengan harga tiga kali lipat [baca: Harga Obat Generik Akan Direvisi].

Kepala Balai Besar POM Denpasar Joko Sunaryo menyatakan, pemberlakuan SIMO justru untuk mengawasi peredaran obat serta melindungi usaha apotek. Ia membantah adanya kepentingan bisnis di balik pemberlakuan SIMO karena yang menetapkan adalah Dinas Kesehatan masing-masing daerah tingkat dua.(PIN/Iwan Gunawan)

sumber : liputan6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar